Kegiatan Posyandu Lansia Pule Asri 1

  • Jan 16, 2024
  • Abdul Aris

Kegiatan Posyandu Lansia Desa Rau

           Pada hari Selasa, 16 Januari 2024 telah diadakan osyandu Lansia Desa Rau yang diprakarsai oleh  Kader dan Bidan Desa Rau  dengan rutin setiap bulannya mengadakan kegiatan Posyandu Lansia di Desa Rau yang bertempat di depan Balai Desa Rau. Posyandu Lansia adalah pos pelayanan terpadu untuk masyarakat usia lanjut di desa Rau yang sudah disepakati, yang digerakkan oleh masyarakat dimana mereka bisa mendapatkan pelayanan kesehatan posyandu lansia merupakan pengembangan dari kebijakan pemerintah melalui pelayanan kesehatan bagi lansia yang penyelenggaraannya melalui program Puskesmas Kedung 1 melalui POSKESDes Desa Rau dengan melibatkan peran serta para lansia, keluarga, tokoh masyarakat dan organisasi sosial dalam penyelenggaraannya.

Posyandu Lansia atau Kelompok Usia Lanjut merupakan suatu bentuk pelayanan kesehatan bersumber daya masyarakat atau UKBM yang dibentuk oleh masyarakat berdasarkan inisiatif dan kebutuhan itu sendiri khususnya pada penduduk usia lanjut. Pengertian usia lanjut adalah mereka yang telah berusia 50 tahun keatas.

Tujuan Posyandu Lansia

Tujuan pembentukan Posyandu Lansia secara garis besar antara lain:

  1. Meningkatkan jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat, sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia.
  2. Mendekatkan pelayanan dan meningkatkan peran serta masyarakat dan swasta dalam pelayanan kesehatan disamping meningkatkan komunikasi antara masyarakat usia lanjut.

Mekanisme Pelayanan Posyandu Lansia

            Berbeda dengan Posyandu Balita yang terdapat sistem 5 meja, pelayanan yang diselenggarkan dalam Posyandu Lansia tergantung pada mekanisme dan kebijakan pelayanan kesehatan di Desa Rau. Ada yang menyelenggrakan Posyandu Lansia sistem 5 meja seperti Posyandu Balita ada juga yang hanya menggunakan sistem 3 meja, dengan kegitan sebagai berikut:

  1. Meja 1 : pendaftaran lansia, pengukuran dan penimbangan berat badan.
  2. Meja 2 : melakukan pengecekan tensi darah.
  3. Meja 3 : melakukan pendataan berat badan dan tensi darah.
  4. Meja 4 : melakukan kegiatan penyuluhan atau konseling, disini juga bisa dilakukan pelayanan pemberi makan tambahan PMT.